Head


Welcome To Ina's Blog

Tuesday, January 13, 2015

PERSAMAAN BAHASA JAWA VS SUNDA

Indonesia kaya akan bahasanya, di setiap daerah mempunyai bahasa pengantar yang berbeda-beda. Orang daerah biasanya berinteraksi menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing jika berbicara dengan orang lain yang bukan daerahnya barulah bahasa Indonesia yang mereka gunakan. Bahasa Indonesia adalah bahasa penyatu dari berbagai bahasa daerah yang ada.

Kali ini saya akan membahas keunikan dari bahasa Jawa VS Sunda. Ternyata ada persamaan bahasa Jawa dan Sunda yang mempunyai arti dan maksud yang sama, itulah yang membuat saya kagum ketika saya berlibur tahun baru ke tempat saudara di Kuningan Jawa Barat. Saya sendiri barasal dari Jawa, ketika saya mendengarkan masyarakat di Kuningan berbicara menggunakan bahasa Sunda, ada beberapa kata yang sama artinya dengan bahasa  Jawa. Mulailah saya tulis satu persatu kata mana yang sama artinya dengan bahasa Jawa di handphone, menurut saya itu unik buat bahan blog.

Setiap kali saya main ke rumah tetangga di Kuningan, wajib bawa handphone untuk mencatat kata baru yang saya dapat. Dan hasilnya seperti yang saya tulis di bawah ini:

BAHASA JAWA
BAHASA SUNDA
ARTINYA
Sanes
Sanes
Bukan
Dahar
Dahar
Makan
Ngandap
Handap
Bawah
Ngaos
Ngaos
Mengaji
Sareng
Sareng
Bersama
Duko
Duka
Tidak tahu
Damel
Damel
Kerja
Uyah
Uyah
Garam
Bade
Bade
Mau/Akan
Dinten
Dinten
Hari
Tebih
Tebih
Jauh
Caket
Caket
Dekat
Carios
Carios
Cerita
Sasi
Sasi
Bulan
Dinten
Dinten
Hari
Sae
Sae
Bagus
Ngangge
Ngangge
Menggunakan
Ageng
Ageng
Besar
Alit
Alit
Kecil
Lebet
Lebet
Di Dalam
Enjing
Enjing
Pagi
Sekedik
Sakedik
Sedikit
Nyepeng
Nyepeng
Memegang
Ningali
Ningali
Melihat
Enggal
Enggal
Baru
Isuk
Isuk
Pagi
Sekedap
Sakedap
Sebentar
Sare
Sare
Tidur


Dan masih banyak lagi bahasa Jawa VS Sunda yang mempunyai arti yang sama, dan kalian mungkin bisa menambahkan.

No comments:

Post a Comment