Head


Welcome To Ina's Blog

Monday, January 12, 2015

CARA MERUBAH EKSTENSI FILE TANPA SOFTWERE

Extension atau dalam bahasa indonesia ekstensi, merupakan type/jenis file yang ada pada komputer kita contoh dari beberapa ekstensi yaitu audio => mp3, wma, m4a, aac, flac, oog dan video => 3gp, mp4, avi, wmv.

Awalnya saya punya file musik yang formatnya wma, saya bingung karena tidak semua merek hp yang mensupport file tersebut. Pernah waktu itu teman saya ingin meminta beberapa lagu dari hp saya (Nokia) kirim via bluetooth ke hp merek Mito. Ternyata format musiknya tidak bisa di play karena hp Mito tidak mendukung format wma, kemungkinan hp – hp cina yang lain seperti evercross, I Cherry, Nexian, HiTech, KTouch juga tidak mendukun format wma.

Sejak itu rasa penasaran saya muncul, bagaimana cara merubah format WMA menjadi MP3 tanpa menggunakan softwere??? Ahaaaaa setelah searching dan tanya-tanya sama om Google akhirnya di kasih tau solusinya yaitu dengan mengubah ekstensi file di windows 7.

Caranya . . . cekidot!!!

1. Buka windows explore dengan cara klik kanan pada start => klik explore


2. Klik Tool pilih folder options => view => hilangkan tanda centang di kolom Hide extensions for known file types => klik Apply. 














3. Setelah itu maka setiap file akan muncul ekstensinya, kita dapat merubah ekstensi dari wma ke mp3,dari 3pg ke wma, 3gp ke mp3 langsung juga bisa atau mp4 menjadi 3gp atau yang lain terserah kita mau menggati ke format yang kita butuhkan. kali ini saya mau merubah dari format wma ke mp3, kita rename (Bait943-1002.wma) menjadi (Bait943-1002.mp3) harus ada akhiran titik dan di tulis dengan format ekstensinya.








4. Selanjutnya klik yes. 








Maka ekstensi file yang tadinya wma otomatis akan berubah menjadi mp3.












Dengan cara ini kita juga bisa merubah format gambar dari PNG, GIF, BMP, dan TIFF ke format jpg. Kenapa kita rubah ke JPG??? karena pada umumnya format gambar berakhiran JPG/JPEG sudah menjadi standar gambar di internet agar dapat di kompres hingga ukuran kecil dan JPG adalah satu-satunya jenis data yang bisa di kirim dan di lihat secara bebas.

Selesai. . . sangat mudah bukan???

No comments:

Post a Comment